Motivasi sering diartikan sebagai dorongan yang timbul
pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar, untuk melakukan suatu tindakan
dengan tujuan tertentu. Sedangkan belajar ialah suatu aktivitas yang di
dalamnya terdapat sebuah proses dari tidak tahu menjadi tahu, tidak mengerti
menjadi mengerti, tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai hasil yang optimal.
Jadi apa itu motivasi belajar ? Apa motivasi belajar itu adalah dorongan agar
seseorang dapat belajar secara optimal.
Pengertian tersebut memang tidak
sepenuhnya salah. Tetapi yang dimaksud dengan motivasi belajar adalah keseluruhan
daya penggerak baik dari dalam diri, maupun dari luar (dengan menciptakan
serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu) yang menjamin
kelangsungan dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang
dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai.
Setelah
kita mengetahui arti dari motivasi belajar. Sekarang saya akan menjelaskan
faktor yang mempengaruhi motivasi. Ada dua faktor yang memepengaruhi motivasi
seseorang yaitu faktor internal, dan faktor eksternal.
Faktor internal adalah
faktor yang muncul dari dalah diri. Contohnya dari faktor internal adalah harga
diri yang meyebabkan seseorang terdorong untuk berusaha agar menjadi pribadi
yang mandiri, kuat, dan memperoleh kebebasan serta mendapatkan status tertentu
dalam lingkungan masyarakat.
Sedangkan faktor eksternal
adalah faktor yang berasal dari luar diri individu. Contohnya dari faktor ini
adalah lingkungan. dimana seseorang bergabung dapat mendorong atau mengarahkan
perilaku seseorang dalam mencapai suatu tujuan perilaku tertentu, peranan lingkungan
juga dapat membantu individu mendapatkan kebutuhan akan nilai-nilai kebenaran,
kejujuran serta kebajikan.
Motivasi
belajar dapat dibangkitkan dengan berbagai cara antara lain: Pertama, Memahami
manfaat dari suatu aktifitas. Sebagai contoh seseorang akan memiliki motivasi
yang tinggi dalam belajar bahasa Inggris, jika dia sudah memahami apa saja
manfaat dari belajar bahasa Inggris. Kedua, Menetapkan tujuan yang baik. Seorang pelajar
yang sudah menetapkan tujuan belajar atau cita-cita, akan memiliki motivasi
belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pelajar yang belum menetapkan
tujuan belajar atau cita-cita. Ketiga, Menciptakan suasana yang nyaman di
lingkungan belajar. Dan masih banyak cara untuk membangkitkan motivasi belajar.
Motivasi
belajar dikalangan pelajar di Indonesia saat ini mungkin sedikit kurang.
Seperti yang kita tahu kebanyakan pelajar melakukan aktivitas-aktivitas yang
kurang bermanfaat bagi masa depan mereka. Seperti tawuran, main game, dan
lain-lain. Akan tetapi tidak semua pelajar di Indonesia yang tidak termotivasi
untuk belajar. Buktinya banyak pelajar yang berprestasi, dibidang akademik
maupun non akademik, di dalam Negeri maupun di luar Negeri.
Banyak
hal yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar para pelajar di Indonesia. Salah satunya adalah guru, yang
kurang memotivasi muridnya. Motivasi pelajar memang merupakan salah satu
langkah yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam pengajaran dan
pembelajaran. Jika guru telah membangun motivasi muridnya semasa pengajaran dan
pembelajaran maka peluang bagi muridnya untuk bisa berprestasi sangatlah besar.
Akan tetapi faktor eksternal seperti guru tidaklah cukup untuk memotivasi muridnya,
faktor internal justru lebih kuat dari faktor eksternal.
Seperti
hanya paragraf di atas, faktor internallah yang paling berpengaruh dalam
memotivasi belajar. Karena faktor internal ini muncul dari dalam diri, sehingga
pengaruhnya sangatlah besar. Bila faktor internal sudah cukup kuat maka faktor
eksternal tidak dapat berpengaruh. contohnya bila seorang pelajar memiliki
tekad yang kuat untuk berpersetasi tentu saja ia tidak bisa dipengaruhi oleh
teman atau lingkungannya, bahkan mungkin ia dapat memotivasi teman-teman di
sekitarnya.
Sekarang marilah kita
bangun motivasi belajar kita untuk bisa berprestasi di bidang akademik maupun
non akademik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar